Tips untuk Cadet kapal


Dibawah ini ada beberapa tips untuk para CADET yang telah dinyatakan lulus ujian PUKP pra Prala agar cepat mendapat tempat untuk melaksanakan praktek laut
1.   Berdoa
      Hal utama yang terpenting adalah memanjatkan do'a kehadirat TUHAN agar dimudahkan dan diberi rezeki supaya cepat mendapatkan kapal untuk tempat praktek
2.   Doa dan restu orang tua terutama Ibu
      Mintalah doa dan restu dari orang tua terutama ibu, karena doa dari sang ibu adalah doa yang paling utama demi kesuksesan kita, jangan biarkan air mata ibu jatuh karena kesalahan kita.
3.   Tingkatkan amal dan perbanyaklah perbuatan baik
      Hal ini juga teramat penting, Perlu di ingat bahwa apa yang kita dapatkan diatas kapal nanti dan susahnya kita dalam mencari kapal itu sebanding dengan kelakuan dan tingkah laku kita selama dalam pendidikan. Jika kalian hobi menyiksa junior atau adik kelas, banyak cerita dari Taruna yang turun Prala mengeluhkan karena dikapal begitu banyak penyiksaan. Bahkan pernah ada cerita seorang senior yang tidak lulus ujian sampai 8 periode karena hal ini. Setelah ia menyadari akan kesalahan dan meminta maaf, dia dinyatakan lulus. Hindari perbuatan tercela dan maksiat untuk percepatan rezeki dan ketentraman hidup anda.
4.  Jaga relationship
     Jaga hubungan baik antara adik tingkat ataupun kakak tingkat, baik itu satu almamater maupun beda almamater
5.   Sebar CV ke perusahaan pelayaran, bila perlu 3 samapi 4 kali dalam 1 perusahaan
6.   Apabila ingin cepat, jangan terlalu pilah pilih perusahaan. pilih tempat praktek yang sesuai dengan persyaratan dari yang dikeluarkan kampus, bukan memilih perusahaan dari gaji atau uang saku saja.
7.   Sambil mengisi waktu, datangi perusahaan yang menggunakan sistem absen misal Pertamina, Gurita lintas samudera, Indo baruna bulk transport.
8.   Cari dan datangi perusahaan yang menggunakan sistem langsung test misal Meranty magsaysay
9.   Kesampingkan rasa malu
10. Tanyakan ke perusahaan yang anda kunjungi mengenai lowongan, dan bila telah menyerahkan CV diusahakan tidak langsung meninggalkan tempat atau kantor, hal ini mungkin bisa menjadi pertimbangan orang kantor akan keseriusan dan kesungguhan niat kita.
11. Cara paling cepat dan manjur adalah menggunakan orang dalam yang bekerja dalam salah satu perusahaan pelayaran tersebut.
12. Berhati-hatilah akan banyaknya broker yang tidak bertanggung jawab
13. Jangan pernah patah semangat
14. Nikmatilah perjalanan dan cerita tentang susahnya mencari kapal, itu akan menjadi sebuah kenang-kenangan dan cerita yang tak terlupakan
Tips untuk Cadet kapal | karyapelaut | 5

0 comments:

Post a Comment